10 Besar Negara Paling Kecanduan Medsos, Indonesia Urutan Berapa?
Ilustrasi foto: Benjamin Sow/Unsplash
Uzone.id — Menurut data terbaru Data Reportal 2023 yang dibagikan We Are Social, saat ini terdapat 4,76 miliar orang di seluruh dunia yang aktif di media sosial.
Total ini menunjukkan kalau sekitar 59 persen populasi dunia merupakan pengguna aktif berbagai platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, Snapchat dan lainnya.Studi terbaru dari Electronics Hub yang menggabungkan laporan Data Reportal (termasuk Similarweb) dengan pola data Sleep Cycle menunjukkan beberapa negara yang paling banyak menghabiskan waktu bermain media sosial.
Dalam penemuannya, Afrika Selatan menjadi negara paling yang paling lama menghabiskan waktu bermain media sosial. Negara ini menghabiskan 22,56 persen harinya untuk bermain medsos, atau jika diuraikan, penduduknya menghabiskan 3 jam 44 menit sehari untuk scrolling TikTok dkk.
Posisi kedua ditempati oleh Brazil dengan persentase 22,37 persen, disusul oleh Filipina 21,91 persen dan Colombia dengan 20,85 persen.
Indonesia sendiri masuk jajaran 10 besar negara yang paling lama menghabiskan waktu bermain media sosial dalam satu hari, yang mana Indonesia berada di posisi ke-7.
Dalam temuan ini, Indonesia tercatat menghabiskan 19,71 persen atau kurang lebih 3 jam 15 menit per hari untuk scrolling media sosial.
Sementara itu, penduduk Jepang jadi negara yang paling sedikit menghabiskan waktu bermain media sosial, dengan persentase 4,92 persen atau sekitar 51 menit per hari untuk berselancar di media sosial.
Selain waktu di media sosial, Electronics Hub juga mencatat beberapa negara yang memiliki screen time paling banyak baik itu melalui PC maupun ponsel, Afrika Selatan lagi-lagi menghabiskan waktu paling banyak dengan waktu 9 jam 38 menit.
Sedangkan Indonesia menghabiskan kurang lebih 7 jam 42 menit per hari di depan layar smartphone maupun PC untuk berbagai kebutuhan, seperti media sosial dan gaming.