11 Popemobile yang Pernah Beredar, Ada yang Buatan Indonesia

Uzone.id - Popemobile, mobil yang dimodifikasim khusus untuk mendukung aktifitas kepausan memang unik. Modifikasi tersebut dilakukan tidak hanya dari sisi keamanan, tapi juga senyamanan Paus dalam beraktifitas.
Jenis dan merek mobilnya pun beragam. Mulai dari Mercedes-Benz yang paling sering digunakan, Toyota Mirai, Fisker, sampai yang bikin heboh ketika Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia dan menggunakan Pindad Maung 'Popemobile'.Inilah 11 mobil Paus paling penting yang pernah digunakannya dari masa ke masa:
Mercedes 300 SEL Landaulet (1966)
.jpg/800/800)
Sesuai namanya, istilah Landaulet merupakan mobil dengan modifikasi khusus dimana bagian belakang biasanya punya atap khusus dan bisa dibuka tutup, sehingga Paus bisa menunjukkan dirinya di tengah kerumuman umat.
Maka seperti itulah Mercedes 300 SEL dengan plat nomor SCV1 (Status Civitatis Vaticanae), nama Latin dari Negara Vatikan.
Mercedes 230 G (1980)
.jpg/800/800)
Mercedes 230 G, dilapisi dengan bahan mutiara, awalnya disediakan bagi Paus untuk kunjungannya ke Jerman pada 1980.
Selain kubah tersebut, ada pencahayaan interior yang menjadikan Sri Paus bisa terlihat dengan jelas meski dengan kondisi pencahayaan yang buruk di sekitaran dan dari kejauhan.
Karena modifikasi khusus tersebut, tinggi mobil ini mencapai 2,80 meter dan dilengkapi transmisi khusus yang memungkinkannya mempertahankan kecepatan konstan 3 km/jam.
Seat Panda (1982)
.jpg/800/800)
Mobil produksi Spanyol menyematkan struktur role bar sederhana pada bagian belakang. Sehingga Sri Paus bisa tetap berdiri sekaligus berpegangan pada role bar tersebut.
Mercedes Benz S 500 Landaulet (1997)
.jpg/800/800)
Mercy Landaulet S 500 ini bermesin 5,0 liter bertenaga 320 hp ini punya soft top yang dioperasikan secara elektrik dan punya wheelbase yang lebih panjang.
Mercedes Benz G 500 (2007)
.jpg/800/800)
Adalah Mercedes G 500 diproduksi pada akhir tahun 2007 menggantikan Fiat Campagnola.
Mercedes Benz ML (2012)
.jpg/800/800)
Kubah tempat dimana biasa Paus berdiri di dalam mobil telah diperbesar secara signifikan, memberikan Paus ruang yang lebih baik dan pintu masuk yang lebih nyaman.
Pandangan Paus juga diperjelas dengan permukaan kaca yang lebih besar dan langit-langit interior yang diterangi.
Renault Kangoo Maxi Z.E. (2012)
.jpg/800/800)
Popemobile listrik berukuran panjang 4,60 meter dan lebar 1,80 meter itu dicat putih dan memiliki lambang Paus pada kedua pintunya.
Kalau biasanya menggunakan kubah, kali ini hanya mengandalkan sunroof besar, dengan dua buah kursi individual di kabinnya yang dirancang khusus untuk kenyamanan Sri Paus.
Dacia Duster (2019)
.jpg/800/800)
Dacia Duster 4WD ini tetap dimodifikasi khusus untuk Sri Paus, seperti satu kursi di bagian belakang khusus untuk diduduki Sri Paus, juga atap geser besar di bagian belakang dan tempat panel kaca yang dapat dilepas.
Toyota Mirai (2020)
.jpg/800/800)
Meskipun Toyota Mirai berjenis liftback, namun gak menghalangi modifikasi khusus agar seperti sebelum-sebelumnya, Paus bisa tetap berdiri di dalam mobil, dengan sebuah kubah khusus.
Fisker Ocean (2021)

Pindad Maung (2024)

Paus Fransiskus pernah mengunjungi Indonesia dan kala itu jadi kenangan yang tidak terlupakan, apalagi setelah Pindad mempersembahkan Pindad Maung yang sudah dimodifikasi khusus menjadi Popemobile.
