Home
/
Digilife

3 Fitur Baru WhatsApp Bisnis: Business Call, Centang Biru dan Meta AI

3 Fitur Baru WhatsApp Bisnis: Business Call, Centang Biru dan Meta AI

Vina Insyani23 August 2024
Bagikan :

Uzone.id — WhatsApp kembali menggelar acara tahunan WhatsApp Business Summit 2024 di Indonesia untuk yang kedua kalinya pada Kamis, (22/08). 

Seperti acara WA Business Summit tahun lalu, tidak hanya memberikan insight bisnis lewat narasumber yang mumpuni, WhatsApp juga memperkenalkan fitur-fitur baru untuk pengguna WA Bisnis yang kebanyakan merupakan UMKM.

Salah satu yang menarik tahun ini adalah kehadiran Meta AI yang akan membantu para pebisnis dalam melayani pelanggan, termasuk dengan menghadirkan chatbot. Kehadiran Meta AI ini dinilai sesuai dengan kebutuhan para pebisnis yang semakin hari semakin membutuhkan AI dalam perkembangan usaha mereka.

“Survey kami menunjukkan bahwa 8 dari 10 sedang merencanakan, mengimplementasikan AI ke dalam bisnis mereka. So, AI itu sebenarnya sudah ada disini. Salah satu dampak dari AI, 82 persen responden kami menggunakan chatbot AI untuk mendorong hyperscale, salah satunya untuk memudahkan customer journey,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia. 

Melihat banyaknya pebisnis yang semakin banyak memanfaatkan WhatsApp Business untuk mengembangkan bisnis dan memudahkan experience pengguna, WhatsApp hari ini memperkenalkan 3 fitur baru yang bisa dimanfaatkan pebisnis Indonesia.

Pertama, ada Meta Verified/Centang Biru WhatsApp untuk Akun Bisnis

Indonesia menjadi salah satu negara yang pertama kali kebagian fitur Meta Verified di WhatsApp Business, bersama dengan India. Fitur ini sudah diumumkan semenjak Juni lalu dan sudah dirilis secara bertahap pada 4-5 minggu ke belakang.

Jadi, bagi UMKM yang memenuhi syarat, fitur Verifikasi Meta kini sudah bisa dimanfaatkan untuk membuktikan kalau akun bisnis mereka asli dan otentik.

Lencana biru ini akan muncul pada profil bisnis pengguna. Tak hanya itu, akun bisnis yang menggunakan Meta Verified juga akan menerima dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan mereka. 

“Meta Verified ini penting karena semakin banyak bisnis ada di whatsapp tentunya. Fitur ini penting sekali untuk bisa membangun presence yang membuat customer lebih nyaman, lebih yakin nih interaksi dengan bisnisnya itu dengan adanya verified,” kata Aldo Rambie, Director of Global Marketing Business Messaging Meta Indonesia.

Saat ini, Meta Verified sudah tersedia untuk pengguna aplikasi WhatsApp Business dan pengguna WhatsApp Business Platform. Centang biru ini juga akan tampil di halaman WhatsApp Channels dan Business mereka, sehingga mudah dibagikan di media sosial dan situs web.

Kedua, ada fitur WhatsApp Business Call 

Gebrakan baru yang dihadirkan WhatsApp adalah fitur WhatsApp Business Call dimana akun-akun bisnis berskala besar (dan memenuhi syarat) bisa menyediakan fitur call untuk layanan customer service.

Nantinya, pelanggan akan dapat melakukan panggilan WhatsApp langsung ke bisnis. Fitur ini baru bisa diaktifkan oleh pengguna WhatsApp Business Platform. 

Preview

Salah satu kelebihannya, fitur ini akan memungkinkan pelanggan terhubung dengan bisnis secara lebih cepat dan nyaman. WhatsApp akan memperluas fitur ini untuk menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat, saat ini salah satu yang sudah menggunakan WhatsApp Business Call di Indonesia adalah akun resmi MyRepublic.

Ketiga, Meta AI untuk WhatsApp Business

Seperti kata Pieter Lydian, 8 dari 10 pebisnis sudah dan berencana untuk menggunakan AI di bisnisnya. Nah, Meta pun mengakomodir kebutuhan tersebut dengan menghadirkan Meta AI di akun WhatsApp Bisnis.

Dengan fitur ini, pebisnis diklaim bisa meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pengguna. Teknologi ini juga memungkinkan mereka membuat iklan tanpa biaya tambahan. 

“Ini adalah tahap awal, dan WhatsApp akan terus berupaya menyempurnakannya sebelum meluncurkannya kepada lebih banyak bisnis di seluruh dunia,” tambahnya.

Beberapa keuntungan dari fitur Meta AI ini adalah memudahkan interaksi bisnis dan pelanggan. 

“Artinya, ini lebih ke produktivitas. Artinya saya bisa respon pelanggan ini lebih cepat, lebih akurat, dan skala yang volumenya lebih banyak,” kata Aldo.

Aldo menambahkan, keuntungan juga akan dirasakan oleh customer dimana mereka bisa mendapatkan respon yang lebih cepat, experience yang lebih baik, yang lebih natural, dengan Meta AI.

Sayangnya, saat ini Meta AI belum tersedia untuk pengguna di Indonesia. Namun, WhatsApp menargetkan fitur tersebut hadir setidaknya pada tahun 2024 ini.

“Fitur ini belum ada di Indonesia. Tapi, tim dari Meta sudah mengatakan bahwa kami sedang benar-benar mengusahakan supaya bisa segera launch di Indonesia,” kata Esther Samboh, Public Policy, Asia Pacific, WhatsApp.

populerRelated Article