Home
/
Digilife

BigSocial Solusi Terbaik Memahami Pelanggan Lewat Data Sosial Media

BigSocial Solusi Terbaik Memahami Pelanggan Lewat Data Sosial Media

Muhammad Faisal Hadi Putra31 January 2025
Bagikan :

Uzone.id - Di era digital saat ini, data di sosial media telah menjadi ‘harta karun’ bagi perusahaan dan instansi yang ingin lebih dekat dengan audiens mereka. Namun, memahami data dalam skala besar bukanlah hal yang mudah. 

Bagi banyak perusahaan maupun instansi, tantangan ini bisa menjadi penghalang dalam meraih insight penting yang sebenarnya dapat mendongkrak kesuksesan mereka. 

Inilah peran BigSocial sebagai layanan inovatif dari BigBox AI hadir sebagai solusi yang memberikan kemudahan dalam memantau, mengukur, dan memahami opini serta tren terkini yang beredar secara real-time.

Opini maupun tren di sosial media dapat diolah menjadi data yang berharga. Jika dimanfaatkan dengan baik, data tersebut dapat memberikan banyak wawasan tentang kebutuhan pengguna secara menyeluruh. 

Tidak hanya itu, data opini maupun tren juga bisa memberikan input yang dapat mengoptimalkan strategi perusahaan maupun instansi. Misalnya digunakan untuk mengambil langkah preventif terhadap sentimen negatif yang muncul di sosial media.



Kecepatan mengambil langkah yang tepat dan memahami kebutuhan pengguna secara akurat, dapat menunjang kesuksesan perusahaan maupun instansi. 

Dengan begitu, perusahaan maupun instansi dapat menciptakan peluang baru ataupun menjalankan strategi tepat sasaran yang bisa menjaga reputasi mereka.

BigSocial sebagai solusi AI


Preview


BigSocial bukan sekadar alat pemantau sosial media biasa, tetapi dapat berfungsi sebagai 'mata dan telinga' perusahaan untuk memahami publik secara lebih akurat dan tren terkini secara real-time. 

BigBox AI sebagai salah satu produk digital unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), memungkinkan perusahaan maupun instansi untuk mengukur tren, opini publik ataupun sentimen yang berkembang di berbagai saluran sosial media, dengan memanfaatkan fitur analisis berbasis AI yang ada di BigSocial.

“BigSocial membantu perusahaan maupun instansi untuk memahami audiens secara lebih menyeluruh, sehingga dapat mengambil langkah strategis dengan cepat  termasuk dalam menjaga citra.untuk kepentingan mereka termasuk dalam menjaga citra . Kami percaya, untuk mencapai kesuksesan di era digital, perusahaan maupun instansi harus memiliki kedekatan dengan audiens dengan audiens agar tetap relevan dalam memahami kebutuhannya memahami kebutuhannya. BigSocial adalah jawabannya," kata Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business & Technology Telkom.

Dengan BigSocial, perusahaan maupun intansi dapat memanfaatkan data di sosial media secara maksimal untuk merancang strategi yang lebih tepat sasaran dan relevan. 

Berbagai fitur unggulan seperti Social Media Monitoring, membantu pelaku usaha untuk mengidentifikasi tren pasar secara real-time, menemukan influencer teratas, serta melihat potensi isu viral yang mungkin memengaruhi citra perusahaan. 

BigSocial mampu memantau 10.000 kanal media dan jutaan topik dari dalam dan luar negeri, BigSocial membantu perusahaan dan instansi menilai opini publik secara cepat dan efisien.

Tidak hanya memantau tren secara real-time, BigSocial juga menawarkan fitur analisis sentimen yang bisa mengukur opini publik terhadap produk atau merek tertentu. 




Dalam situasi krisis, misalnya, perusahaan dapat melihat dengan cepat bagaimana respons masyarakat melalui analisis sentimen positif, negatif, atau netral yang ditampilkan di dashboard BigSocial. Dengan begitu, perusahaan ataupun instansi bisa segera melakukan langkah-langkah tepat sebelum isu berkembang.

Fitur lainnya adalah dashboard kustom yang mampu menampilkan data relevan secara komprehensif. Dashboard yang visualnya mudah dipahami ini bisa menjadi alat untuk menggali insight yang dapat mendukung strategi masing-masing perusahaan maupun instansi. 

Notifikasi otomatis yang dikirim melalui email, Telegram, maupun WhatsApp memudahkan perusahaan maupun instansi tetap mengenai informasi terkini tanpa harus memantau dashboard sepanjang waktu. Ini tentu menghemat waktu dan energi, membuat perusahaan lebih efisien dalam menanggapi perubahan di sekitar yang cepat.

Tidak hanya unggul dalam fitur, BigSocial juga memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan operasional perusahaan dan instansi. Dengan proses otomatisasi yang diberikan, penggunaan BigSocial dapat mendukung efisiensi sumber daya manusia dan sumber daya fisik. 

BigSocial juga secara langsung mendorong mereka lebih ramah lingkungan seperti membantu dalam mengurangi penggunaan kertas. BigSocial menjadi bukti komitmen Telkom dalam menciptakan teknologi yang berkelanjutan.

BigSocial menjadi jawaban bagi pelaku usaha dan instansi untuk beradaptasi lebih cepat di tengah perkembangan digital saat ini.

BigBox AI yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital juga dapat menjadi partner strategis yang membantu perusahaan dan instansi tetap terhubung dengan audiens mereka. Informasi lebih lanjut tentang BigSocial dan fitur-fitur unggulannya dapat diakses melalui tautan berikut https://leaptelkom.me/BigSocialDataDigitalSolution.

populerRelated Article