Bluebird Sediakan Pembayaran Digital Pakai GoPay Berbasis QRIS
-
Uzone.id - Untuk menghindari kontak dengan uang tunai antara pelanggan dan pengemudi, Bluebird kini menghadirkan pembayaran via GoPay. Metode pembayaran digital dari GoJek ini sudah hadir di lebih dari 11 ribu armada taksi Bluebird di seluruh Indonesia.
Kehadiran GoPay di armada Bluebird memanfaatkan kode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank Indonesia. QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.Dalam jumpa pers virtual pada Kamis (13/8), Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, “Memasuki era adaptasi kebiasaan baru, masyarakat semakin sadar akan pentingnya meningkatkan kebersihan dan keamanan dalam beraktivitas termasuk saat bertransaksi.”
Baca juga: Riset LD FEB UI: 120 Ribu UMKM Gabung di Gojek saat Pandemi
Menurut Budi, pembayaran digital lewat QRIS ini mampu menjadi pilihan utama untuk memudahkan masyarakat beraktivitas tanpa khawatir tentang resiko penyebaran COVID-19, karena transaksi QRIS dilakukan tanpa adanya sentuhan fisik.
“Ini juga sejalan dengan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) Gojek yang mendorong pengguna aplikasi mengutamakan pembayaran digital lewat GoPay. Kami ingin agar kemudahan dan kenyamanan transaksi digital tanpa kontak melalui QRIS ini bisa dimanfaatkan lebih banyak orang termasuk pengguna setia Bluebird,” imbuh Budi.
Budi melanjutkan bahwa sejak awal diluncurkannya QRIS oleh Bank Indonesia, kami terus mendorong penggunaannya di berbagai sektor mulai dari donasi, kuliner, groceries, UMKM, hingga layanan transportasi.
Hingga saat ini, metode pembayaran GoPay menggunakan QRIS telah dapat digunakan di lebih dari 400.000 mitra usaha GoPay. Kami percaya penggunaan metode QRIS dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, terutama di masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini.
Baca juga: Gojek Luncurkan Situs Web Khusus untuk Pelaku UMKM
Sementara itu, Direktur Bluebird Adrianto Djokosoetono mengatakan bahwa melalui kolaborasi ini, pengguna Bluebird hanya perlu memindai kode QR yang terdapat dalam taksi dengan layanan GoPay yang berada di aplikasi Gojek.
Tanda bukti pembayaran juga langsung masuk ke aplikasi Gojek sehingga pengguna tak perlu lagi meminta struk ke pengemudi.
“Selain mengutamakan kebersihan dan keamanan karena tanpa kontak langsung, proses pembayaran antara pengguna dan pengemudi melalui metode QRIS ini menjadi lebih cepat efisien karena tidak perlu repot menyiapkan uang pas ataupun kembalian,” imbuh Adrianto.