Home
/
Govtech

GoZero%: Goes to Borneo Resmi Digelar, Ini Keseruan di Hari Pertama

GoZero%: Goes to Borneo Resmi Digelar, Ini Keseruan di Hari Pertama

Vina Insyani15 May 2025
Bagikan :

Uzone.id — GoZero%: Goes to Borneo resmi digelar pada Rabu, (14/05) dan dibuka dengan acara yang tak kalah seru. Seperti roadshow GoZero% sebelumnya, GoZero%: Goes to Borneo juga menghadirkan acara Innovation Festival untuk karyawan-karyawan internal Telkom Reg 4.

Bagi yang belum tahu, GoZero% Innovation Festival atau yang sering disebut sebagai Pitching Innovation ini merupakan sebuah kompetisi internal bagi karyawan Telkom Reg 4 untuk mempresentasikan produk mereka, termasuk produk digital yang memiliki nilai ESG dan GoZero%.

Nantinya, produk tersebut dipresentasikan kepada para juri yang terdiri dari VP Sustainability Telkom Indonesia Gunawan Wasisto, EVP Telkom Reg 4 Rachmad Dwi Hartanto dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Pengendalian Bahan dan LB3 DLH Kota Tarakan, Edhy Pujianto.





Acara Pitching Innovation ini mirip dengan startup pitching, dimana nantinya produk yang berhasil memikat para juri dan keluar sebagai juara satu akan mendapat kesempatan untuk melaju lebih jauh dan mendapat kesempatan untuk mengembangkan produk mereka.

Di Tarakan, Kalimantan Utara, ada 3 tim yang berhasil lolos ke babak final dan berkesempatan untuk mempromosikan produk mereka di depan juri. Yang pertama ada Econeksi, Geniused dan Resycle.

Masing-masing dari tim memiliki waktu sebanyak 5 menit untuk menyampaikan ide dan produk mereka. Ketepatan waktu dalam presentasi juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan oleh para juri.

3 tim ini memiliki produk yang berbeda dengan tujuan yang berbeda juga. Peserta pertama Econeksi memiliki misi untuk mengurangi limbah dengan mendaur ulang barang bekas seperti kabel fiber optik, kabel tembaga dan perangkat jaringan lainnya menjadi sebuah kerajinan.

Nantinya, masyarakat bisa menukar barang limbah ini menjadi poin lalu barang bekas ini akan dikelola dan didistribusikan ke e-commerce.

Lalu, peserta selanjutnya ada Geniused. Tim ini menawarkan produk untuk membantu UMKM menaikkan skala bisnis mereka dengan bantuan AI. Dalam misinya, Geniused hadir dan berperan sebagai inkubator dan fasilitator bagi masyarakat dalam meningkatkan succes rate usaha UMKM di berbagai sektor melalui produk Smart AI mereka.





Terakhir, ada tim Restylecle: Transforming Uniforms, Sustainably. Tim yang beranggotakan 3 orang ini memiliki misi untuk mengurangi limbah dan menciptakan peluang ekonomi lokal di lingkungan perusahaan Telkom Group.

Tujuan dari tim ini adalah mengumpulkan barang habis pakai atau upcycling produk habis pakai seperti seragam atau atribut lama menjadi produk souvenir yang akan di display dan dijual belikan.

Nantinya, masyarakat khususnya karyawan Telkom bisa melakukan pengumpulan baju di setiap wilayah, lalu baju tersebut akan diolah dan dibuat menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi. Restylecle akan bekerja sama dengan Pemda dan BUMN untuk melakukan pengumpulan dan penjualan barang hasil kerajinan ini.

Preview

Nah, dari ketiga tim tersebut, Restylecle menjadi juara pertama. Menurut para juri, Restylecle memiliki ide dan produk yang paling mendekati dengan ide GoZero% yaitu dengan mengurangi limbah dan menjadikannya sebagai nilai jual dan produk siap pakai.

Keseruan GoZero%: Goes to Borneo akan terus berlangsung hingga Kamis, (15/05) dimana akan ada penanaman 5000 pohon mangrove di daerah Tarakan, Kalimantan Utara.


populerRelated Article