Home
/
Technology

Kiat agar Website Mudah Ditemukan di Internet

Kiat agar Website Mudah Ditemukan di Internet

indotelko.com02 February 2017
Bagikan :

Sebuah permintaan untuk istilah “time travel” pada Januari 2017 menggunakan mesin pencarian Google menghasilkan 118.000.000 hasil pelacakan dalam 0,65 detik.

Dengan adanya triliunan dokumen yang ada di internet, sangat mengagumkan bagaimana mesin pencarian seperti Google dan Bing menemukan berbagai laman baru dan yang sudah ada sebelumnya (melalui web crawler), serta mengaturnya ke dalam sebuah indeks.

Mengingat banyaknya jumlah dokumen yang ada, bukanlah suatu hal yang mengherankan untuk meninjau bagaimana sebuah website dapat ditemukan secara online.

Untungnya, mesin pencari selalu menjelajahi internet secara teratur dan karena itu, pada akhirnya akan menemukan laman web Anda – dengan anggapan Anda telah membuat situs dengan konten yang baik, meta tags yang pantas dan backlinks yang berkualitas.

Jadi bagaimana caranya mengetahui jika Google dan Bing telah menemukan website Anda? Berikut tip dari Verisign:

Langkah 1

Periksa apakah website baru Anda telah diindeks dengan memasukan hal-hal berikut ini dalam mesin pencarian cepat:

Google: “situs: [alamat website Anda]”

Bing: “URL: [alamat web Anda]”

Jika website Anda muncul pada laman hasil mesin pencarian, ini berarti bahwa website Anda telah diindeks. Jika tidak, sangat besar kemungkinannya bahwa website Anda masih belum ditemukan. Baca Langkah ke-2 tentang bagaimana untuk mempercepat prosesnya:

Langkah 2

Masukkan website Anda ke Google dan Bing. Begini caranya:

Description: Description: alt_2

1. Kunjungi link berikut ini: Google Search Console .

2. Ketik URL Anda

3. Klik Submit Request

Description: Description: alt_3

1. Kunjungi link berikut ini: Bing Webmaster Tools

2. Ketik URL Anda

3. Klik Submit

Apakah Anda ingin mengetahui lebih banyak? Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang data apa saja yang telah dikumpulkan Google dan Bing dari website Anda, seperti misalnya istilah pencarian apa saja yang berhubungan dengan URL Anda, berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda, dan laman mana yang paling populer, lihat Langkah ke-3.

Langkah 3

Mendaftar ke layanan gratis Google dan Bing yang mengalisa dan melacak performa website Anda.

Sebagai tambahan, layanan ini dapat membantu Anda menemukan masalah pada website Anda yang dapat mempengaruhi peringkat website dan pengalaman pengguna. Berikut cara untuk mendaftar:

Google Search Console

1. Mendaftar Google Search Console menggunakan akun Google  Anda. (Jika tidak memiliki akun Google, Anda harus membuatnya terlebih dahulu)

2.  Ketika Anda sudah masuk, klik Add a Property

3.  Verifikasi bahwa Anda adalah pemilik website dengan salah satu metode verifikasi berikut ini:
Masuk ke dalam akun dengan nama domain registrar Anda
Mengunggah file ke server
Tambahkan meta tag ke HTML website Anda
Gunakan akun Google Analytics atau Google Tag Manager Anda

Dapatkan rincian lebih lanjut dan tonton video perkenalan tentang Google Search Console.

Bing Webmaster Tools

1. Mendaftar ke Bing Webmaster Tools dengan akun Microsoft Anda. (Jika tidak memiliki akun Microsoft, Anda harus membuat yang baru selama proses pendaftaran).

2. Masukan website Anda ke Add a Site box dan klik Add.

3. Verifikasi bahwa Anda adalah pemilik website dengan salah satu metode verifikasi berikut ini:

4. Letakkan berkas XML ke server Anda

o  Copy and paste meta tag di halaman web Anda

o  Tambahkan data CNAME ke DNS

Ketahui lebih lanjut tentang Bing Webmaster Tools.

Beberapa alasan mengapa Website Anda mungkin tidak masuk ke dalam Indeks

1. Anda baru saja meluncurkan website baru dan mesin pencari belum sempat menjelajahinya (alasan paling umum)

2. Kurangnya link merujuk ke website Anda sehingga mengirimkan sinyal ke mesin pencari bahwa orang lain tidak menemukan konten yang kredibel pada website Anda

3. Terdapat kode dan/atau isu desain yang menyulitkan mesin pencari untuk menjelajahi website Anda

4. Website Anda telah terinfeksi malware

Selamat mencoba.(pg)

populerRelated Article