Home
/
Telco

Makin Dekat dengan Pelanggan, Telkom Dengar Langsung Kebutuhan B2B

Makin Dekat dengan Pelanggan, Telkom Dengar Langsung Kebutuhan B2B

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani (Foto: Telkom)

Muhammad Faisal Hadi Putra08 September 2024
Bagikan :

Uzone.id - Memaknai Hari Pelanggan Nasional pada 4 September lalu, Telkom melakukan kunjungan serentak ke pelanggan setianya dari Sabang hingga Merauke. Telkom menyadari pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi juga sebagai mitra untuk bertumbuh dan berinovasi bersama. 

Disampaikan OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, pelanggan punya peranan penting, khususnya untuk segmen enterprise and business service dalam keberlangsungan ekosistem solusi digital Indibiz dari Telkom.

“Melakukan komunikasi dua arah tentang kebutuhan layanan dengan pelanggan adalah salah satu agenda prioritas kami,” ucap Reni, dalam keterangan resminya.

Harapannya, kata Reni, solusi digital yang dihadirkan Telkom melalui Indibiz bisa memberikan dampak yang besar untuk kemajuan pelaku usaha di Indonesia. Menurutnya, kunjungan ke pelanggan penting dilakukan agar bisa mendapatkan input langsung dari mereka, khususnya pelanggan segmen B2B di regional. 

Bukan hanya dilakukan kepada pelanggan, kunjungan juga dilakukan ke para pemangku kepentingan penting seperti organisasi bidang usaha tertentu. 

Misalnya, ketika Telkom melakukan audiensi bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yang dihadiri langsung oleh EVP Telkom Regional 2, Edie Kurniawan dan Ketua Umum IDI, Adib Khumaidi beserta jajaran. Ada banyak hasil positif yang dicapai untuk merancang ekosistem digitalisasi di sektor kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Preview
EVP Telkom Regional 2 E. Kurniawan melakukan audiensi bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia

Kunjungan lainnya juga dialamatkan ke pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital Indibiz dari berbagai sektor usaha di berbagai wilayah di Indonesia. Reni mengatakan, pelanggan adalah hal yang utama bagi perusahaan dalam membangun strategi berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar. 

Bentuk strategi berkelanjutan dari Telkom tersebut dilakukan dengan menghadirkan ekosistem solusi digital yang fokus pada pasar B2B lewat indibiz. Kini, solusi tersebut memiliki 7 sektor di berbagai industri. 

Telkom merancang Indibiz untuk mengurai pain-points yang sering menjadi hambatan pelaku usaha untuk berkembang. Adanya ketujuh ekosistem Indibiz ini sangat diterima masyarakat karena memang relevan dengan tantangan yang ada di lapangan. 

Rani menyebut, dalam waktu dekat, Telkom akan memperluas ekosistemnya ke sektor-sektor lain yang memiliki tantangan tersendirinya yang lebih kompleks.  

“Hal ini tidak dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional semata, tapi sudah menjadi salah satu tugas pokok kami untuk mengunjungi langsung pelanggan kami. Kami harus proaktif untuk mencari masukan, melakukan evaluasi, dan pengembangan bisnis dari para pelanggan setia,” pungkasnya.

populerRelated Article