Mesin Baru, Tapi kok Tenaga Yamaha R25 dan MT-25 Masih Sama?
Dari segi konfigurasi mesin, sebenarnya keduanya tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Masih 250 cc, 2-silinder segaris, 8-katup, DOHC, berpendingin cairan.
Namun jika melihat secara lebih detil, Yamaha New YZF-R25 dan New MT-25 mendapatkan perubahan yang cukup banyak. Terutama dari segi mesin yang kini sudah sesuai dengan regulasi Euro 5+.Perubahan dimulai dari pistonnya, Yamaha New YZF-R25 dan MT-25 yang baru punya piston yang bentuknya lebih datar dari sebelumnya. Bagian katup atau valve juga diperkecil baik untuk saluran masuk ataupun pembuangannya.
Profil camshaft Yamaha New YZF-R25 dan MT-25 dibuat dengan durasi bukaan valve yang lebih cepat. Begitu juga di bagian throttle body yang kini dilengkapi kanister untuk dapat menangkap uap dari bahan bakar yang terkena panas di tangki bensin.
Di bagian intake, Yamaha New YZF-R25 dan MT-25 juga mendapatkan ubahan lewat ukuran yang lebih panjang. Sistem injeksi pun dibuat menyemprot secara langsung ke dalam mesin, berbeda dari generasi sebelumnya.
Bahkan di bagian knalpot dari Yamaha New YZF-R25 dan MT-25 juga mendapatkan perubahan menggunakan 2 katalis. Dengan penambahan katalis ini, membuat ambang batas emisi menjadi diperketat untuk menyaring hidrokarbon, karbon dioksida, dan nitrogen oksida.
"Dengan ubahan tersebut, membuat Yamaha New YZF-R25 dan MT-25 bisa sesuai dengan regulasi Euro 5+. Tapi kami buat bagaimana caranya biar tenaga enggak turun, sehingga masih sama dengan tenaga dan torsi generasi sebelumnya," ujar Ferry Nurul Fajar selaku Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
"Dengan regulasi Euro 5+ juga membuat mesin dua motor ini membutuhkan oli 2 liter, dari sebelumnya hanya 1,8 liter saja," lanjut Ferry.
Benar saja, dari lembar spesifikasi yang dikirimkan Yamaha, tenaga New YZF-R25 dan New MT-25 tidak mengalami perubahan. Keduanya masih menghasilkan tenaga 26,4 kW atau setara 35,4 dk dan torsinya mencapai 22,6 Nm.
Yamaha New YZF-R25 ditawarkan dalam satu varian saja yakni ABS dalam dua pilihan warna yakni Midnight Black dan Racing Blue. Motor sport 250 cc ini dijual dengan harga Rp75.000.000 untuk on the road Jakarta.
Sementara Yamaha New MT-25 juga ditawarkan dalam satu varian saja yakni ABS, hanya saja pilihan warnanya berbeda yakni Midnight Black dan Icy Grey. Harganya motor hypernaked bike ini dijual sebesar Rp63.500.000 untuk on the road Jakarta.
Berikut spesifikasi lengkap Yamaha New YZF-R25 dan MT-25:
Spesifikasi | New YZF-R25 | New MT-25 |
Tipe Mesin | Liquid Cooled 4-tak, DOHC, 250 cc, 2-silinder segaris, berpendingin cairan | |
Tipe Kopling | Basah, Manual, Multiplat | |
Tipe Transmisi | Manual, 6-percepatan | |
Diameter x Langkah | 60 x 44,1 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6:1 | |
Tenaga Maksimal | 26,5 kW/ 35,4 dk di 12.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 23,6 Nm di 10.000 rpm | |
Sistem Pelumasan | Basah, Total 2,4 L, Berkala 1,8 L, Ganti filter oli 2,10 L | |
Tipe Rangka | Diamond | |
Suspensi Depan | Inverted teleskopik | |
Suspensi Belakang | Single shock absorber dengan swing arm | |
Ban Depan | 110/70-17M/C (54S) | |
Ban Belakang | 140/70-17M/C (66S) | |
Rem Depan | Cakram Hidrolik, Piston Ganda | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal | |
Dimensi PxLxT | 2.090 x 720 x 1.135 mm | 2.090 x 755 x 1.071 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.380 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 160 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Bobot Isi | 166 kg | 165 kg |
Kapasitas Tangki | 14 Liter | |
Kelistrikan | TCI | |
Aki | GTZ8V | |
Tipe Busi | NGK/CR9E | NGK/CR93 |