Review Yamaha Gear Ultima: Seberapa Boros Konsumsi Bensinnya?

Uzone.id - Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 menjadi senjata andalan baru merek asal Jepang berlogo garpu tala di Indonesia di segmen entry level. Di segmen ini, biasanya konsumsi bahan bakar menjadi faktor penting, lantas seberapa boros skutik yang sudah dilengkapi teknologi hybrid ini?
Dari segi spesifikasi, sebenarnya Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 cukup unik, karena sudah memiliki tenaga yang lebih kecil dibandingkan sebelumnya.Menggunakan mesin kembaran Fazzio, Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW dan torsi 10,6 Nm. Angka ini sedikit lebih kecil dari Gear sebelumnya yang tanpa hybrid, karena mampu mengeluarkan tenaga 7 kW dan torsi 9,5 Nm.
Lantas bagaimana rasa berkendaranya?

Desain yang lebih dinamis
Secara desain, skutik entry level Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 ini punya tampilan yang lebih dinamis, seperti main aman agar motor ini bisa masuk ke segala golongan. Berbeda dari kompetitornya yang tampil lebih sporty, di mana tak semua orang suka tampilan yang serba tajam.
Lampu utama Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 ini seperti dibuat memanjang ke segala arah dari versi non-hybridnya. Sementara lampu sein diletakkan di bagian bawah body depan, seperti Aerox atau Nmax generasi lawas.
Untungnya, bagian lampu sudah menggunakan teknologi LED, terkecuali sein yang masih mengandalkan bohlam biasa.
Soal desain lampu belakang, terkesan biasa saja, justru tampil lebih kotak dan tajam. Jika berbicara dinamis agar bisa diterima semua golongan, desain Gear sebelumnya justru lebih bisa diterima karena tak tampil mencolok.
Menariknya Yamaha masih mengandalkan aspek fungsionalitas pada Gear Ultima Hybrid 125 yang terlihat dari penggunaan double carabiner hook di balik setang dan di bawah jok. Hal ini menambah keleluasaan penggunanya ketika membawa barang yang cukup banyak.
Ditambah lagi, bagian buritan Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 dilengkapi behel yang bisa mengangkut barang kecil atau menyangkutkan tas. Sehingga menjadi lebih maksimal jika motor diandalkan untuk mengangkut barang.

Performa menurun tapi irit
Seperti yang disebutkan sebelumnya, performa Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan generasi terdahulu. Ternyata hal ini berpengaruh ke rasa berkendara ketika menunggangi skutik entry level tersebut.
Namun ada satu peningkatan, dari segi tarikan bawah, motor ini terasa lebih gesit dari sebelumnya. Hal ini berkat teknologi Blue Core Hybrid yang disematkan oleh Yamaha dari basis mesin Fazzio.
Teknologi Blue Core Hybrid dari Yamaha memberikan bantuan akselerasi selama 3 detik awal, dari saat motor berhenti. Sehingga jika melakukan akselerasi di kemacetan yang stop and go atau di persimpangan, motor ini punya tarikan yang cukup kuat di putaran bawah.
Hanya saja Blue Core Hybrid cuma membantu tarikan jika motor benar-benar dalam keadaan berhenti, jika Anda hanya memelankan kecepatan dan tidak berhenti maka tarikan di putaran bawah mesin terasa cukup berat.
Tenaga baru terasa lebih besar ketika berada di putaran tengah, di atas 30 km/jam motor ini seperti mudah untuk melesat hingga kecepatan tinggi.
Sayangnya, kami tidak sampai mengetes di mana batas kecepatan Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 bisa dicapai, namun untuk 100 km/jam harusnya motor ini bisa menggapainya.
Dengan performa seperti itu, Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 ternyata bisa dibilang skutik yang tidak boros. Dari hasil pengetesan tanpa berkendara irit-iritan, motor ini bisa mencapai konsumsi bensin 59 km/liter.
Angka ini cukup impresif, mengingat kami pernah mengetes konsumsi bensin Yamaha Gear yang sebelumnya alias tanpa hybrid, hanya mencapai 47 km/liter saja.

Konsumsi bahan bakar ini diraih dengan perhitungan full-to-full, di mana selama pengetesan Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 digunakan sejauh 89,8 km. Dari fuel meter, dalam jarak tersebut hanya turun satu bar saja.
Selain performa, posisi duduk di atas Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 terbilang cukup nyaman. Sebagai skutik kompak, motor ini justru menawarkan jok yang cukup lebar namun posisinya tidak terlalu tinggi.
Sehingga untuk pengendara dengan bobot yang berat dan postur yang tidak terlalu tinggi, bisa dengan mudah dan nyaman menunggangi Yamaha Gear Ultima Hybrid 125.
Kesimpulan
Dengan performa dan konsumsi bahan bakar yang ditawarkan, Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 seharusnya menawarkan value for money yang cukup tinggi untuk motor dengan rentang harga Rp19.990.000 hingga Rp21.500.000 bagi orang yang ingin membeli motor pertama mereka.
Dengan bekal yang ditawarkan, Yamaha Gear Ultima Hybrid 125 bisa diandalkan dalam berbagai kebutuhan penggunanya, baik untuk kerja, untuk belanja, membawa barang, berboncengan, bahkan untuk ngojol sekalipun.
