Home
/
Digilife

Saat TikTok Diblokir, Instagram Aji Mumpung Rilis Fitur Baru

Saat TikTok Diblokir, Instagram Aji Mumpung Rilis Fitur Baru<br>

Vina Insyani21 January 2025
Bagikan :

Uzone.id — Instagram tidak ingin menyia-nyiakan momen pemblokiran TikTok cs di Amerika Serikat. Meski sementara dan sebentar lagi akan comeback, Instagram sudah bergerak untuk menggaet pengungsi dari TikTok, salah satunya dengan cara merilis fitur yang mirip aplikasi-aplikasi ByteDance.

Lewat  pengumuman sang CEO, Adam Mosseri pada Sabtu, (19/01), Instagram merilis durasi baru untuk fitur video pendek mereka yaitu Reels. Dari yang awalnya hanya 1 menit 30 detik, Instagram Reels kini berdurasi lebih panjang, yaitu 3 menit.

Durasi Reels lebih panjang ini mengikuti langkah TikTok yang sudah semenjak lama menerapkan durasi video pendek hingga 5 bahkan 30 menit. Meski tak sepanjang TikTok, namun penambahan durasi ini menjadi cara platform agar ‘pengungsi TikTok’ pindah ke platform mereka.

Selain itu, Instagram juga mengganti tampilan grid profil pengguna, dari yang awalnya berbentuk kotak, kini berubah menjadi persegi panjang, mirip dengan grid profil pengguna TikTok.




Alasan Mosseri mengganti tampilan grid ini adalah karena “terlalu banyak memotong” tampilan konten pengguna.

“Saya rasa orang-orang–dalam jangka panjang–akan senang bahwa foto dan video mereka terlihat sesuai dengan yang diinginkan di profil daripada banyak dipotong,” kata Mosseri.

Tak hanya itu, Mosseri juga memperkenalkan tab baru khusus konten-konten atau video yang di-like oleh teman-teman pengguna di Instagram.

“Sekarang, kalian akan melihat feed khusus untuk konten yang disukai atau dikomentari oleh teman kalian dan memulai percakapan dengan mereka di sana,” tambahnya.

Preview

Selain meniru TikTok, Instagram juga menyontek fitur editing dari CapCut. Berhubung CapCut juga diblokir di AS karena merupakan ‘anak’ dari ByteDance, Instagram pun mencoba peruntungan dengan merilis aplikasi bernama ‘Edits’ yang mirip dengan CapCut.




Mosseri menyebut bahwa aplikasi ini menawarkan "seperangkat alat kreatif yang lengkap." termasuk tab untuk mencari inspirasi dan ide konten, dukungan video berkualitas lebih tinggi, dan kemampuan untuk berbagi konsep dengan orang lain.

Aplikasi ini akan terpisah dari Instagram dan akan hadir di toko-toko aplikasi dalam beberapa bulan ke depan. Menurut kabar lain, aplikasi ini akan dirilis pada 13 Maret 2025 mendatang.


populerRelated Article