Home
/
Digilife

Sambut Ramadan, WhatsApp Kenalkan CTWA buat Upgrade Bisnis

Sambut Ramadan, WhatsApp Kenalkan CTWA buat Upgrade Bisnis

Aisyah Banowati26 February 2025
Bagikan :

Uzone.id – Momen selama Ramadan adalah masa penting bagi pebisnis hingga pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan. Di waktu-waktu ini, hampir semua kategori akan mengalami peningkatan permintaan, terutama menjelang Idul Fitri nanti. 

Salah satu kebiasaan berbelanja orang Indonesia adalah aktif menanyakan produk yang mereka inginkan melalui chatting. Lewat ‘chatting’ atau komunikasi melalui pesan, tercipta sebuah interaksi yang cepat dan mendalam antara penjual dengan pembeli. 



       

Berdasarkan data dari Studi Meta Ramadan oleh YouGov ditemukan bahwa 94 persen pelanggan merasa lebih terhubung melalui perpesanan. Di Indonesia sendiri, sebanyak 87 persen konsumen lebih memilih perpesanan sebagai sarana utama komunikasi dengan bisnis. 

Dan, 78 persen orang dewasa pengguna internet mengatakan bahwa mereka lebih mungkin berbisnis atau membeli bisnis dari pelaku usaha yang bisa ditanyai melalui pesan.  Hal ini turut didukung dengan lebih dari 90 persen pelaku bisnis di Indonesia kini telah menggunakan perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen.

Berdasarkan Studi Ramadan dan Lebaran dari YouGov, Meta sendiri berhasil menjadi platform terpopuler yang digunakan komunitas. Sejumlah 52,67 persen penggunanya menggunakan dan menjadikan Meta sebagai platform media sosial terpopuler yang digunakan untuk berbelanja selama Ramadan.



Untuk memenuhi kebutuhan ini, tak sedikit para pelaku usaha yang memanfaatkan WhatsApp Business. Fitur-fitur dalam WhatsApp Business memungkinkan pengguna untuk menampilkan katalog produk, membalas pesan di luar jam kerja, hingga mengirimkan balasan cepat. 

Dari interaksi yang cepat dan mendalam antara pemilik usaha atau bisnis dengan calon pembeli akan memungkinkan peningkatan penjualan. Namun, WhatsApp Business pun memiliki keterbatasan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ingin meluaskan bisnis?

Mengenal Click to WhatsApp Ads (CTWA)

Bagi para pelaku usaha dan bisnis yang ingin  mendorong bisnis mereka agar terus berkembang dapat memanfaatkan Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp (Click to WhatsApp Ads/CTWA). Ini adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Biasanya, CTWA digunakan oleh para pelaku bisnis yang ingin terhubung dengan para pelanggan baru dan ingin meningkatkan penjualan. Dengan adanya kontak yang cepat dan responsif, kesempatan untuk melakukan transaksi pun akan semakin terbuka. 

Dengan memasang iklan di Instagram dan Facebook, bisnis dapat langsung menghubungkan calon pelanggan ke WhatsApp. Hal ini tidak hanya membangun kepercayaan dengan pelanggan, namun telah terbukti berhasil meningkatkan penjualan.

Bagaimana proses CTWA bekerja?

Pelaku bisnis dapat memasang iklan di Instagram dan Facebook dalam kurun waktu tertentu. Nantinya, sistem yang akan secara otomatis mencari calon pembeli potensial yang cocok dengan profil usaha atau bisnis pengguna. Apabila ada pembeli yang tertarik, mereka akan langsung terhubung dengan kontak WhatsApp Business masing-masing usaha. 

Adapun fitur Advantage+ Placement yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa di setiap iklan. Dengan fitur ini, mesin pembelajaran Meta akan secara otomatis mencari tempat terbaik untuk meletakkan iklan usaha sehingga berpotensi menemukan lebih banyak lagi calon pembeli potensial. 

Pemanfaatan CTWA memungkinkan bisnis untuk menarik perhatian, menjawab pertanyaan, mengatasi kekhawatiran, serta menawarkan saran yang dipersonalisasi. Pada akhirnya, dari komunikasi tersebut akan tercipta kepercayaan dan mengubah pelanggan yang ragu menjadi pembeli setia. 

Tips untuk membuat CTWA yang efektif

  1. Perlihatkan visual yang digunakan. Tambahkan elemen visual dan pengalaman chat di dalam konten untuk menunjukkan bahwa iklan ini adalah iklan yang mengarahkan ke pesan. Misalnya penggunaan logo atau penggunaan stiker dan emoji. 
  2. Jelaskan nilai tambah dari produk yang ditawarkan. Bantu audiens mengerti nilai tambah yang ditawarkan, sehingga mereka tahu apa yang harus diharapkan. Seperti, bisnis harus berempati pada pelanggan (problem/solusi), jual dengan jelas (menggugah/memberi pencerahan), gunakan teaser untuk tarik pelanggan (kesempatan/keuntungan).
  3. Gunakan call-to-action yang jelas. Ajak audiens untuk memulai chat dengan jelas. Gunakan ajakan untuk bertindak di konten, di copy post, dan tombol


populerRelated Article