Home
/
Automotive

Strategi Mobil Listrik China Akali Pembatasan, Jual Komponen Terpisah

Strategi Mobil Listrik China Akali Pembatasan, Jual Komponen Terpisah

Bagja Pratama22 May 2024
Bagikan :

Uzone.id - Agresivitas pabrikan mobil listrik China di dunia mulai dikhawatirkan banyak pihak, terutama dunia barat. Amerika misalnya, mulai menerapkan pembatasan tertentu demi melindungi merek lokal.

Howard Yu, Direktur IMD Center for Future Readiness mengungkap pabrikan China akan menguasai sepertiga pasar mobil EV global pada tahun 2030, imbas dari harga yang bersaing dan inovasi yang agresif.

Apalagi produsen mobil China lainnya, seperti Geely (42,34), Nio (31,30), dan Li Auto (64,37), memang membanderol kendaraan listrik mereka dengan harga terjangkau.

"Langkah ini memberi produsen mobil listrik China keunggulan kompetitif dan menjadi ancaman serius bagi para pemanufaktur mobil asal Eropa," ujar Yu dalam keterangan resminya.

Melihat dominasi China di sektor industri kendaraan listrik yang makin agresif dengan banderol harga murah, belakangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan tarif pajak 100 persen.

Tarif ini diberlakukan untuk melindungi pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat dari serbuan kendaraan listrik impor asal China.

Preview

Menanggapi situasi ini, Yu menyebut ke depan pabrikan mobil listrik China bakal menerapkan sistem white-label untuk mengakali aturan tarif ini.

Mirip dengan strategi “Intel Inside” dimana produsen laptop menggunakan prosesor Intel tanpa merakit CPU mereka sendiri.

Pabrikan China akan menjual komponen, baterai, teknologi, atau semikonduktor mereka.

Saat ini BYD juga sudah memasok chipset dari pabrik semikonduktor mereka ke Fiat dan Toyota di China. Jadi, hal serupa besar kemungkinan akan diterapkan ke negara-negara lain termasuk AS.

Dengan cara ini, margin yang didapat bisa lebih besar. Sebagai contoh, tidak ada produsen yang mendapat uang dari AC rakitan. Pendapatan terbesar ada di produsen kompresor.

Sama halnya dengan PC: merakit PC tidak menghasilkan uang lebih banyak dari mereka yang menjual chipset dan perangkat lunak.

"Jadi, saya kira industri mobil bergerak ke arah yang sama,” tutupnya.

populerRelated Article