Home
/
Telco

Studi Telkomsel: Prediksi Aktivitas Digital Naik 78 Persen Saat Sahur Ramadan

Studi Telkomsel: Prediksi Aktivitas Digital Naik 78 Persen Saat Sahur Ramadan

Vina Insyani19 February 2025
Bagikan :

Uzone.id — Aktivitas digital masyarakat Indonesia diprediksi akan mengalami perubahan selama bulan Ramadan berlangsung. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan Telkomsel bertajuk DigiAds Ramadan Insight 2025.

Dalam studi tersebut, aktivitas digital diprediksi akan melonjak sekitar 78 persen saat sahur. Tak hanya itu, aktivitas ini juga akan ikut naik sebesar 4 persen di saat setelah tarawih. Studi menyebut bahwa pengguna akan banyak mengakses platform video streaming, aplikasi fintech dan juga perbankan.

Konsumsi media seperti TV dan video streaming diprediksi akan meningkat tajam saat sahur dan menjelang berbuka.

Tak hanya perubahan pada aktivitas digital, studi ini juga mencatat bahwa sebanyak 69 persen konsumen akan memilih untuk berbelanja offline. Sementara untuk belanja online di e-commerce dan platform lainnya akan mengalami peningkatan di kota besar pada minggu terakhir Ramadan, menjelang Hari Raya Idul Fitri.





Sementara itu, metode pembayaran cash akan menjadi metode pembayaran utama masyarakat saat Ramadhan nanti dengan persentase mencapai 50 persen, diikuti oleh QRIS (30 persen), e-wallet dan online transfer.

Telkomsel juga mencatat bahwa selama ramadhan nanti, mobilitas masyarakat akan naik secara signifikan, terutama ke wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara .

Sebagai informasi, DigiAds Ramadan Insight 2025 sendiri merupakan studi yang menyajikan insight mendalam tentang perilaku konsumen selama bulan Ramadan dengan tujuan untuk membantu pelaku bisnis dalam memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran berbasis data yang relevan dan berdampak selama periode Ramadan. 

“DigiAds Ramadan Insight 2025 memberikan pemahaman tentang pola perilaku konsumen secara mendalam, memungkinkan pengambilan keputusan pemasaran yang lebih cerdas dan efektif selama Ramadan,” kata VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya.





Selain insight soal aktivitas digital, Telkomsel DigiAds juga menyarankan pelaku bisnis untuk fokus pada tiga pilar utama, yaitu memanfaatkan data berbasis umpan balik untuk memahami kebutuhan dan preferensi audiens, memaksimalkan jangkauan melalui inventori premium di platform digital dan menghadirkan konten yang relevan, interaktif, dan dinamis seperti kuis atau promosi eksklusif Ramadan. 

“Dengan analisis ini, kami berharap para pelaku usaha dapat merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran, meningkatkan efektivitas iklan digital, dan membuka peluang baru yang signifikan di pasar selama periode Ramadan,” jelas Arief.
populerRelated Article