Suzuki Fronx Dites Uji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Uzone.id - Sebelum meluncur di Indonesia, ternyata Suzuki Fronx sudah melakukan uji tabrak Japan new Car Assessment Program (JNCAP). Lantas bagaimana hasil dari uji tabrak mobil SUV bergaya coupe tersebut?
Berdasarkan situs National Agency of Automotive Safety and Victim Aid (NASVA) yang merilis hasi uji tabrak JNCAP menyatakan Suzuki Fronx mendapat peringkat 4 dengan skor keamanan keseluruhan mencapai 84 persen.Jika dirinci, Suzuki Fronx mendapatkan skor yang sangat baik dalam kategori Advanced Automatic Emergency Call System (AECS) dengan poin penuh 8/8 yang menghasilkan skor 100 persen.
Sementara itu untuk keselamatan preventif Suzuki Fronx mendapatkan peringkat A dengan skor 92 persen. Kemudian terdapat keselamatan kecelakaan yang mendapatkan peringkat B dengan skor 76 persen.
Menariknya, JNCAP memperkenalkan protokol baru yang mencakup penilaian untuk menghindari tabrakan di persimpangan, benturan frontal offset baru, dan pengujian keselamatan pejalan kaki.
Pada protokol baru ini, Fronx memberikan hasil yang sangat baik, terutama dalam perlindungan pejalan kaki dan perlindungan benturan samping.
Sayangnya, Suzuki Fronx masih harus ditingkatkan dalam hal fungsionalitas lampu depan dan deteksi pejalan kaki di malam hari.

Meskipun pencapaian dari hasil uji tabrak JNCAP tidak mencapai bintang lima yang sempurna, performa Suzuki Fronx masih menjadi crossover kompak berperforma terbaik yang diuji JNCAP tahun ini.
Sistem keselamatan preventif dan kinerja strukturalnya yang kuat memberikan rasa percaya diri kepada pembeli, terutama di pasar seperti Jepang yang memiliki standar keselamatan yang ketat.
Perlu diketahui, Suzuki Fronx menjadi senjata baru merek berlogo S di segmen SUV kompak yang kabarnya bakal meluncur pada 28 Mei 2025 mendatang.
Soal mesinnya, Suzuki Fronx akan terdapat dua pilihan yakni varian GL yang terendah menggunakan mesin K15B 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm di 4.400 rpm.
Kemudian untuk varian GX dan SGX menggunakan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan. Nah mesin ini memiliki tenaga hanya 100,6 PS di 6.000 rpm dan torsi 135 Nm di 4.400 rpm.
Belum diketahui harga pasti dari Suzuki Fronx di Indonesia, informasi lengkapnya akan hadir di saat peluncuran mobil tersebut di akhir Mei nanti.
