Telkom B2B Camp Summit Day: Asah Talenta, Siap Kuasai Pasar B2B

Uzone.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama MarkPlus Institute sukses menggelar B2B Camp Summit Day, puncak dari pelatihan intensif Account Manager. Acara ini menjadi ajang eksklusif bagi anggota Digistar Club terpilih untuk memperdalam wawasan tentang strategi pemasaran dan penjualan berbasis consultative selling di era digital.
Digelar di Telkom Landmark Tower, puncak acaranya dihadiri oleh 80 talenta terbaik dari seluruh Indonesia, yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan online dengan rata-rata 300 peserta per harinya. Mereka terpilih berdasarkan partisipasi dan antusiasme selama sesi online.Assistant Vice President Employee Value Proposition & Human Capital Communication Telkom, Rama Sugiharto, menyampaikan apresiasinya kepada para peserta atas dedikasi mereka.
"Ini adalah perjalanan yang dirancang khusus untuk mengasah keterampilan yang saat ini paling dibutuhkan di industri, sekaligus sebagai bagian dari talent pipeline di TelkomGroup," ujarnya.
CEO MarkPlus, Yosanova, menyoroti pentingnya peran Account Manager dalam lanskap bisnis modern. "Seorang Account Manager yang hebat bukan hanya mampu menjual produk, tetapi juga dapat mengomunikasikan tantangan serta kekurangan perusahaan dengan jujur," katanya.
Dalam acara puncak, peserta mendapatkan wawasan mendalam mengenai customer profiling, strategi mengidentifikasi dan memahami pelanggan ideal melalui data, analisis pasar, serta pola perilaku pelanggan. Sesi ini disampaikan oleh COO MarkPlus Institute, Marthani, yang berbagi wawasan strategis tentang bagaimana memahami pelanggan dan menerapkan data dalam strategi bisnis.
Peserta juga menggali lebih dalam tentang consultative selling, pendekatan berbasis konsultasi yang membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan bisnis mereka. Sesi ini dipandu oleh Berliana, Account Manager Telkom sekaligus Education Influencer/Content Creator, yang membagikan pengalaman dan teknik praktis dalam menerapkan strategi penjualan berbasis konsultasi.
Tak hanya teori, peserta juga mendapatkan pengalaman praktik langsung melalui sesi hands-on roleplay pitching kepada klien. Dalam sesi ini, mereka diberikan real use case dan ditantang untuk mengidentifikasi permasalahan bisnis serta menyusun solusi yang tepat, kemudian mempresentasikannya secara langsung.
Sesi ini dirancang untuk mengasah kemampuan analisis, komunikasi, dan pemecahan masalah yang menjadi kunci utama dalam peran seorang Account Manager.
VP HC Culture & Industrial Relations Telkom, Iwan Setiawan, mengatakan bahwa Telkom B2B Camp Summit Day 2025 menjadi bukti bahwa strategi penjualan berbasis pelanggan dan pendekatan konsultatif semakin relevan dalam dunia bisnis yang terus berkembang. "Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi para peserta dalam menghadapi tantangan industri ke depan guna menyiapkan generasi muda," ungkap Iwan.
Digistar Club hadir sebagai komunitas eksklusif bagi generasi muda Indonesia yang ingin terus mengembangkan keterampilan, membangun jaringan profesional, dan mengakses program-program pelatihan eksklusif.
Informasi lebih lanjut terkait Digistar Class dan program Employer Branding Telkom lainnya dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom dan website https://www.digistartelkom.id/.