Telkom Hadirkan BigSocial, AI Canggih untuk Bantu Bisnis Lebih Maju
.jpeg/800)
Uzone.id — Telkom Indonesia melalui produk digitalnya, BigSocial dari BigBox AI menghadirkan solusi digital berbasis AI yang bertujuan untuk membantu perusahaan hingga instansi memahami data dalam skala besar untuk mendorong kesuksesan masing-masing perusahaan.
Melihat tantangan saat ini, BigSocial hadir untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk memantau, mengukur, dan memahami opini serta tren terkini yang beredar secara real-time di dunia digital khususnya media sosial.Memiliki basis teknologi AI, BigSocial akan mengolah opini maupun tren di memberikan banyak wawasan tentang kebutuhan pengguna secara menyeluruh jika dimanfaatkan dengan baik. Nantinya, data tersebut akan diolah agar menjadi insight untuk mengoptimalkan strategi perusahaan. Salah satunya adalah untuk menghindari sentimen negatif di media sosial.
Telkom mengklaim bahwa BigSocial bukan hanya sekedar alat pemantau di media sosial namun juga menjadi ‘mata dan telinga’ bagi perusahaan untuk memahami perilaku dan pandangan publik khususnya di media sosial secara real-time.
Dengan produk teknologi ini, perusahaan maupun instansi bisa memanfaatkan ragam fitur analisis AI untuk mengukur tren, opini publik, ataupun sentimen yang berkembang di berbagai saluran sosial media.
Fitur analisis sentimen misalnya, fitur ini berguna untuk mengukur opini publik terhadap produk atau merek tertentu. Fitur ini akan membantu perusahaan ketika dalam situasi krisis, dimana perusahaan dapat melihat dengan cepat bagaimana respons masyarakat melalui analisis sentimen positif, negatif, atau netral yang ditampilkan di dashboard. Dengan begitu, perusahaan bisa segera melakukan langkah-langkah tepat sebelum isu berkembang.
Berbagai fitur unggulan lain yang ada di produk ini antara lain Social Media Monitoring yang berfungsi untuk membantu pelaku usaha dalam mengidentifikasi tren pasar secara real-time, menemukan influencer teratas, serta melihat potensi isu viral yang mungkin mempengaruhi citra perusahaan.
Tak hanya itu, kemampuan BigSocial juga dapat menyentuh jangkauan luas, dimana sistemnya mampu memantau 10.000 kanal media dan jutaan topik dari dalam dan luar negeri.
Fitur lainnya adalah dashboard custom yang mampu menampilkan data relevan secara komprehensif. Fitur ini memiliki visual yang mudah dipahami dan berfungsi sebagai alat menggali insight yang dapat mendukung strategi masing-masing perusahaan maupun instansi.
Ada juga fitur notifikasi otomatis yang dikirim melalui email, Telegram, maupun WhatsApp agar informasi terkini muncul tanpa harus memantau dashboard sepanjang waktu.
EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan bahwa BigSocial membantu perusahaan untuk memahami audiens secara lebih menyeluruh sehingga mereka bisa mengambil langkah strategis dalam menjaga citra perusahaan untuk kepentingan masing-masing
“Kami percaya, untuk mencapai kesuksesan di era digital, perusahaan maupun instansi harus memiliki kedekatan dengan audiens agar tetap relevan dalam memahami kebutuhannya. BigSocial adalah jawabannya," ujarnya.
BigSocial diklaim dapat memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan operasional perusahaan dan instansi dengan proses otomatisasi sehingga mendukung efisiensi sumber daya manusia, hingga mengurangi penggunaan kertas.
Kehadiran BigSocial diharapkan menjadi jawaban bagi pelaku usaha dan instansi untuk beradaptasi lebih cepat di tengah perkembangan digital yang cepat dan menjadi partner strategis agar tetap dekat dengan target pasar mereka.
