Home
/
Telco
Trafik XL Axiata Naik 16 Persen Selama Lebaran, Tertinggi di Kebumen
Hani Nur Fajrina22 April 2024
Bagikan :
Uzone.id – Perusahaan telekomunikasi XL Axiata mencatat peningkatan trafik layanan data selama masa libur Ramadan dan Idulfitri tahun ini yang berlangsung selama 4-14 April 2024. Kenaikan trafik layanan data XL Axiata mencapai 16 persen di tahun ini.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan media sosial 15 persen.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen.
Untuk layanan pesan instan, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen. Sementara pada layanan media sosial, trafik X meningkat 25 persen, Meta 15 persen, tak lupa belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Maps dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154 persen dibanding hari normal.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di provinsi:
- Jawa Tengah: 32 persen
- Nusa Tenggara Barat: 21 persen
- Lampung: 19 persen
- Sumatera Barat: 17 persen
- Nanggroe Aceh Darussalam: 16 persen
- Jawa Timur: 15 persen
- Sumatera Utara: 14 persen
- Sumatera Selatan: 13 persen
- Jawa Barat: 13 persen
- Kalimantan Selatan: 7 persen
Sementara di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:
- Kabupaten Kebumen: 68 persen
- Kabupaten Cilacap: 58 persen
- Kabupaten Pemalang: 53 persen
- Kabupaten Tasikmalaya: 52 pesen
- Kabupaten Brebes: 50 persen
- Kabupaten Tegal: 48 persen
- Kabupaten Pandeglang: 47 persen
- Kabupaten Indramayu: 39 persen
- Kabupaten Sukabumi: 37 persen
- Kabupaten Garut: 36 persen
Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7 persen.
Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30 persen.
“Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem,” ungkap Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan resminya yang diterima Uzone.id.
Ia melanjutkan, “seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.”
Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relatif stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik.
Berikut layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU:
- Instagram: naik 24 persen
- Netflix: naik 18 persen
- TikTok: naik 10 persen
- Vidio: naik 8 persen
- YouTube: 7 persen
Seperti diketahui, saat ini total jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 235 ribu home connect. Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal.
Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
Tags:
Sponsored
Review
Related Article