Yamaha R25 Lama Bisa Pakai Fitur Assist & Slipper Clutch?

Uzone.id - Yamaha YZF-R25 atau yang kerap disebut sebagai R25 telah mendapatkan generasi ketiganya di Indonesia yang telah memenuhi standar emisi Euro 5+.
Selain pemenuhan standar emisi Euro 5+, Yamaha R25 terbaru juga telah mendapatkan teknologi assist and slipper clutch untuk transmisinya."Yamaha R25 terbaru ini sudah punya assist and slipper clutch. Makanya bagian rumah koplingnya berbeda dibandingkan yang lama," sebut Ferry Nurul Fajar selaku Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.
Ferry menyebutkan, secara struktur kopling Yamaha R25 baru sebenarnya berbeda dengan versi lamanya. Jika dilihat lebih rinci model lama mengandalkan empat per kopling, sementara model terbaru menggunakan tiga per kopling.
"Ini dilakukan agar koplingnya bisa lebih slip saat fiturnya aktif. Tetapi kekuatan per koplingnya meskipun hanya 3, kekuatannya sama seperti yang 4 per," sebutnya.
Uniknya meskipun struktur konfigurasi kopling Yamaha R25 ini berbeda dengan versi lamanya, namun ternyata bisa dipakai untuk model lawas tersebut.

"Kalau mau dipasang di R25 lama bisa, tinggal pasang saja. Karena dudukan dan tonjokannya masih sama dengan yang lama," sebut Ferry.
Begitu juga untuk bagian bak koplingnya, menurut Ferry masih bisa menggunakan komponen yang lama sehingga tak perlu membeli baru.
Dengan demikian, pemilik Yamaha R25 lama bisa memiliki fitur baru assist and slipper clutch jika menggunakan komponen milik R25 terbaru.
Menariknya, harga assist and slipper clutch ini tidak terlampau mahal untuk sebuah motor 250 cc. Berdasarkan penelusuran di aplikasi Yamaha Part Katalog untuk membeli koling assist and slipper clutch R25 baru hanya memakan biaya Rp2,6 jutaan.
Biaya tersebut hanya berupa komponen saja, yang terdiri dari koling assist and slipper clutch assy. Artinya belum termasuk biaya pemasangan komponen tersebut ke motor yang dilakukan oleh teknisi.
